All Printer Problem

Solution For You

KARAKTER TINTA ISI ULANG PRINTER YANG BAIK

Posted by togaye on May 22, 2008

Maraknya perkembangan dunia pertintaan dewasa ini menuntut kita untuk lebih berhati-hati dan bijaksana dalam memilih tinta isi ulang yang tepat untuk printer kita. Pemilihan tinta isi ulang yang tepat akan berdampak positif bagi printer kita, dan sebaliknya pemilihan tinta isi ulang yang salah/tidak tepat akan berakibat fatal dan akan dapat menghilangkan asset yang kita miliki. Tentunya disini yang kita bicarakan adalah lifetime printer, kualitas cetak, serta mutu dan harga tinta isi ulang itu sen

Bermunculannya produsen-produsen tinta dadakan yang mewarnai dunia pertintaan dewasa ini harus kita waspadai, karena tidak semua produsen tinta tersebut memiliki itikad yang baik dalam memproduksi produk-produk mereka, bahkan banyak diantara mereka yang mendasari usahanya dengan sifat oportunisme, sehingga produk yang dilempar ke pasaran asal bisa laku dan produsen bisa meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Dan bila terjadi komplain, maka produsen “nakal” ini tinggal ganti merk dagang dan meluncurkan kembali produknya dengan merk baru dan kualitas yang sama demikian seterusnya (merk dagang kan sekarang murah..!), dan sekali lagi konsumen yang menjadi korban atas kejahatan produsen yang tidak bertangung jawab ini (studi kasus persaingan di dunia printhead cleaner, nantikan bahasannya..!)

Untuk membekali kewaspadaan kita terhadap tinta isi ulang yang beredar di pasaran dewasa ini, kami akan membawakan beberapa karakter atau sifat-sifat tinta yang layak untuk kita konsumsi.

Tinta isi ulang yang baik harus memiliki sifat seperti berikut :

1.Tinta isi ulang harus memiliki tingkat keasaman yang seimbang (pH balance)

Cara mengetahui tingkat keasaman sebuah tinta isi ulang tidak dapat dilakukan dengan hanya mencelupkan kertas lakmus ke dalam cairan tinta, dikarenakan indicator pada kertas lakmus akan tertutupi oleh warna tinta sehingga kita tidak dapat mengukur/melihat tingkat keasaman tinta isi ulang pada kertas lakmus. Jadi kita membutuhkan sebuah pH meter digital untuk mengukur tingkat keasaman sebuah tinta isi ulang. Cara kerja pH meter digital hanya dengan mencelupkan ujung indicator pada cairan tinta, dan pada layer LCD akan nampak tingkat keasaman tinta isi ulang yang sedang kita amati. Harga pH meter digital ini bervariasi, paling murah yang bisa kita dapatkan dipasaran adalah dengan harga Rp. 350.000,-.

Bila anda kesulitan dengan cara mengukur/menguji keasaman sebuah produk tinta isi ulang, maka anda tinggal memilih produk tinta isi ulang yang telah mencantumkan pada kemasan produknya keterangan tentang pH produknya, biasanya pada kemasannya tertulis “With pH balance”.

Tingkat keasaman pada sebuah tinta isi ulang ada 3 kategori :

  1. Kategori Balance

Kategori ini adalah kategori keasaman yang TERBAIK, pada kategori ini tingkat keasaman (pH) sebuah tinta isi ulang mencapai 6,5 – 7,5.

  1. Kategori Basa

Kategori ini adalah kategori keasaman yang diperbolehkan, pada kategori ini tingkat keasaman (pH) sebuah tinta isi ulang mencapai 8 – 10.

  1. Kategori Asam

Kategori ini adalah kategori keasaman yang TERLARANG, pada kategori ini tingkat keasaman (pH) sebuah tinta isi ulang mencapai 3,4 – 4,4.

Dampak apabila menggunakan tinta isi ulang dengan kategori asam adalah rusak/korosinya komponen-komponen mikroskopis yang berada di dalam printhead printer (penelitian tentang hal ini telah selesai kita lakukan, dengan hasil bahwa tinta yang asam dapat membuat korosi pada logam jenis stainless steel dan logam yang mutunya dibawah itu),

Dan kerugian terbesar pada kasus ini akan dialami oleh pengguna printer merk Epson, dikarenakan printhead printer Epson melekat pada printer, dan apabila terjadi kerusakan pada printhead maka dapat dipastikan printer akan tidak dapat digunakan lagi, dan terpaksa kita harus mengganti printer kita dengan printer yang baru, hal ini dikarenakan mengganti komponen printhead jatuhnya lebih mahal daripada apabila kita membeli printer yang baru.

2.Tinta isi ulang harus dilengkapi dengan Formula Anti Buntu

Mengapa harus demikian..?

Karena sebuah tinta isi ulang harus mampu bertahan dalam bentuk cair pada jangka waktu yang lama, ini dikarenakan apabila tinta tidak memiliki karakter seperti ini maka dapat dipastikan printer akan mengalami gangguan pada proses pencetakan.

Nozzle-nozzle pada printhead printer dimana aliran tinta bermuara tidak boleh tersumbat oleh apapun termasuk oleh tinta yang mengering dan menggumpal. Tinta hanya boleh mengering ketika telah sempurna keluar dari nozzle-nozzle tersebut, apabila tinta mengering sebelum keluar sempurna maka yang akan terjadi adalah mampetnya aliran tinta yang akan membuat tinta tidak bisa keluar, yang hal ini mengakibatkan hasil cetak nggaris atau bahkan tinta tidak keluar sama sekali.

 

3. Warna hasil cetak sebuah tinta isi ulang tidak boleh terlalu pekat.

Tinta isi ulang yang menghasilkan hasil cetak terlalu pekat bukanlah jenis tinta isi ulang yang baik, demikian juga sebaliknya tinta isi ulang yang tidak pekat juga tidak baik.

Sebuah tinta isi ulang yang baik harus mampu memberikan hasil cetak yang maksimal yaitu hasil cetak yang bisa menyerupai tampilan layar computer dan apabila memungkinkan mirip dengan obyek aslinya. Penyerupaan ini meliputi :

  1. Penyerupaan Warna.
  2. Penyerupaan Ketajaman Gambar.
  3. Penyerupaan Intensitas Cahaya (Terang / Gelap )
  4. Penyerupaan Render, dll.


Mayoritas tinta yang memiliki hasil cetak pekat tidak mampu mencapai hasil yang maksimal dalam penyerupaan warna dan penyerupaan intensitas cahaya, dan tinta yang pekat akan memiliki keunggulan hanya pada ketajaman gambar.

Sedangkan tinta yang tidak pekat tidak akan mampu memenuhi penyerupaan gambar secara menyeluruh.

Maka sebelum anda memilih sebuah tinta isi ulang anda harus benar-benar tahu hasil cetak tinta tersebut diatas beberapa jenis kertas, yang paling mewakili disini adalah jenis kertas hvs putih 80gr dan glossy paper 100gr.

Dan printer yang paling tepat untuk menguji penyerupaan gambar adalah printer Epson C43 atau Epson C45.

 

(pakjuned)

About these ads

6 Responses to “KARAKTER TINTA ISI ULANG PRINTER YANG BAIK”

  1. limpo50 said

    Bang,… merek dagang yang ada di etiket produk itu juga tembakan…asal narok aja tuh… siapa mau tongkrongin buat mencocokkan apa ini bener apa salah…
    Kejadian beginian kayaknya banyak dikondisikan di Indonesia.. maka baik kemeja,obat, kosmetik atau yang tinta-tintaan itu… semuanya mempunyai trik gonta-ganti merk dan balikin lagi ke pasar… Itulah kondisi bajak-bajakan …resikonya buat kita-kita juga.
    Kita boleh beli grendel pintu…. sejam kemudian rusak..patah.. maka sia-sia jadinya duit yang keluar…
    Kini CINTA, TINTA DAN pinta-pintaku PALLLSUU.
    Ehhh
    Salam

  2. Lazarus said

    Betul, setuju dengan ulasan di atas. Sebab itu kalau memilih tinta:
    – Pakai merk yang sudah establish di Indonesia (lebih dari 5 tahun), tidak hilang dan muncul baru lagi
    – Jangan cari tinta yang penting asal murah
    – Tinta hasil produksi pabrik yang memang sudah kompeten (ada Quality Control, punya spectrograph, pH Balance Control, Surface Tension Control, R&D untuk research jenis2 tinta yg available di pasar).
    – Kemasan botolnya tidak berwarna bening 100% transparan, tapi harus minimal semi transparan, karena ini menunjukkan penjualnya tidak mengerti karakteristik tinta kalau ia bisa pudar warnanya karena kena expose sinar matahari.

    Jika anda kesulitan untuk mencari tinta yang baik, anda bisa belanja online di http://www.ecoprintlution.com. Kami menyediakan tinta berkualitas yang sudah establish 8 tahun-an di pasaran dan merk kami dipatent-kan di Hak Patent.

  3. yudi said

    emang sih dipasaran banyak tinta dengan kwalitas yang kurang baik dan dikemas dengan berbagai macam merk. tapi terakhir saya dapat informasi dari teman kalau ada tinta yang bisa nyetak foto dengan hasil yang boleh dibilang memuaskan, merknya BLUEPRINT dan selama pake tinta BLUEPRINT, printhead di printer saya juga jadi lebih tahan lama dan yang paling penting nyari tinta BLUEPRINT gampang, dan kalo boleh saya saran, untuk bisa dapet hasil yang maksimal pake juga paper merk BLUEPRINT. jadi kalo tintanya dan paper yang di pake itu sama merknya saya jamin hasil yang di dapat juga pasti memuaskan………..

  4. Siiiiiiiiiiiiiiip…..
    Ini baru info yang bagus bosssssssss…

  5. xxx said

    tanya donk gan….

    kalau pH meter digital yang dipakai untuk mengukur tinta, biasanya dari Merk apa y yang bagus??

  6. aab said

    BLUE PRINT 4 TAHUN PRINT HEAD BELOM GANTI, ane pake buat warnet dan cetak photo… buktiin aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: